Legenda Coban Rondo

21 November 2019 247x Seluruh Artikel

Beranda » Seluruh Artikel » Legenda Coban Rondo

Pernah ke Malang? Tahu Air Terjun Coban Rondo? Pernah ke Air Terjun Coban Rondo? Ehm.. bagi Anda yang berkunjung ke wisata Malang atau Batu, rasanya tempat ini merupakan Air terjun yang cukup popular sebagai destinasi wisata untuk dikunjungi. Letaknya pun bisa dibilang cukup strategis. Wilayahnya cukup besar dan sekarang cukup banyak perkembangan di sana sini. Meski sudah pernah sebelumnya berkali-kali, namun mengunjungi Air Terjun ini menjadi hal yang menarik. Saat ke wilayah wisata ini lagi cukup banyak perubahan.

Sejarah Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Sejarah Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Sejarah Air Terjun Coban Rondo, Malang

Jika ke sebuah tempat wisata, tentu sejarah sebuah tempat wisata menjadi hal yang perlu diketahui. Selain tentunya wahana wisatanya. Memang, hal yang paling umum buat wisatawan penasaran adalah pada tempat wisata yang basisnya memang sejarang seperti Candi, Goa, Kerajaan atau hal-hal lainnya yang memang tempat wisata itu dibangun karena kultur sejarah.

Lalu bagaimana dengan Air Terjun Coban Rondo? Jika merujuk kepada Wikipedia, Coban gkRondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat (dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten, yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo).

Niat ini ditentang oleh orangtua Dewi Anjarwati. Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Tetapi keduanya tetap bersikeras pergi.

Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati.

Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput. Tak disangka, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun.

Pintu Masuk Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Pintu Masuk Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Menuju Air Terjun Coban Rondo Malang

Lokasi wisata Air Terjun Coban Rondo ini cukup mudah dijangkau dan tempatnya memang cukup strategis. Tepatnya di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika Anda dalam perjalanan dari Kota Malang, maka menujulah Kota Wisata Batu.

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Harga tiket masuk Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Dari Kota Batu menuju jalan ke Jombang/Kediri pada jalur jalan utama. Di perjalanan setelah Kota Batu akan bertemu arah menuju Air Terjun Coban Rondo. Ada patung sapi di pertigaan (simpang tiga) menuju wisata Air Terjun Coban Rondo.

Peta Pilihan Destinasi Wisata di Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Peta Pilihan Destinasi Wisata di Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Kalau dari Malang-Batu, belok jalan ke kiri. Sedang jika dari Jombang/Kediri saat bertemu Patung Sapi belok jalan ke kanan. Ikuti jalur tersebut dan bertemulah dengan loket pintu masuk wilayah wisata Coban Rondo. Di dekat loket pintu masuk ini ada peta wisatanya. Ternyata selain Air Terjun ada wisata lainnya di wilayah Air Terjun Coban Rondo.

Labirin Coban Rondo, letaknya sebelum Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Labirin Coban Rondo, letaknya sebelum Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Setelah membayar tiket masuk Air Terjun Coban Rondo, teruslah menyusuri jalan akan bertemu beberapa lokasi wisata lain. Seperti Labirin Coban Rondo hingga Coban Tengah, ada pula tempat-tempat bersantai, berkemah dan menginap di perjalanan menuju Air Terjun Coban Rondo Malang. Ikuti jalur utama dan alhasil akan bertemu kawasan parkir yang cukup luas dan deretan kios penjual.

Jika sudah bertemu tempat seperti itu, berarti kita sudah sampai dekat dengan Air Terjun Coban Rondo Malang. Parkirkan kendaraan kita, ohya sebagai informasi parkir di wilayah ini adalah Gratis. Bahkan ada tulisannya dengan ttd dari Manajemen Pengelola. Ikuti jalur masuk dan bertemulah kita dengan Air Terjun Coban Rondo Malang.

Lahan Parkir dan deretan toko di Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Lahan Parkir dan deretan toko di Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Air Terjun Coban Rondo Malang yang Indah, Sejuk dan…

Saat masuk, kita akan disuguhi tempat dengan tulisan besar Coban Rondo. Tulisan ini tempat awal untuk bisa berfoto sendiri (Selfie) atau foto bersama. Banyak orang yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto. Pengelola sepertinya memang paham bahwa tempat berfoto menjadi hal pendukung untuk mendatangkan wisatawan.

Selfie-able sebelum ke Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Selfie-able sebelum ke Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Setelah melewati tulisan tersebut, di dekatnya ada wahana Flying Fox hingga menembak. Lalu berjalan akan menemui jembatan dengan sungainya serta ada sambutan masuk dengan pintu masuk.Pintu masuk Air Terjun Coban Rondo Malang ini juga salah satu tempat lagi untuk bisa mengambil foto.

Flying Fox sebelum ke Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Flying Fox sebelum ke Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Di dekat pintu masuk ada Musholla, tempat tepat untuk kita yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah Sholat di tempat ini. Saat menggunakan air di tempat Wudhu, jangan kaget jika airnya segar dan mungkin dingin bagi beberapa wisatawan.

Kera di Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Kera di Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Lanjut perjalanan di kanan-kiri ada tempat asyik untuk bersantai dengan duduk-duduk pada tempat duduk yang sudah disediakan. Di daerah ini harap hati-hati karena ada monyet yang kadang masih berkeliaran di tempat ini.

Ada pula tempat semacam pendopo untuk bisa berkumpul bersama. Juga di dekatnya ada toilet. Beberapa tempat di sekitarnya ini cukup banyak pula yang meanfaatkan untuk berfoto. Di sebelah kanan perjalanan menuju Air Terjun Coban Rondo Malang akan ditemui sungai dengan air sumber dari Air Terjun.

Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)
Air Terjun Coban Rondo (dok.pribadi)

Nah, jika sudah menemui Air Terjun kita akan menemui pula tukang foto di dekatnya. Air Terjunnya cukup deras hingga jika kita mendekat percikap airnya pada radius beberapa meter bisa terasa. Segarnya sekali di dekat Air Terjun ini. Bagi yang ingin beristirahat ada tempat duduk pula tak jauh dari tempat ini, atau bisa duduk di batu-batu besar Air Terjun Coban Rondo Malang.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.