Beranda » Banyuwangi » Menuju Ke pantai Mustika Banyuwangi

Banyak traveler ke Banyuwangi untuk berkunjung ke Pantai Pulau Merah. Hal itu sangat wajar karena Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar sekali mempromosikan Pantai Pulau Merah sebagai salah satu andalan destinasi pariwisatanya.

Bisa dilihat hampir di setiap simpang selalu ada petunjuk arah menuju Pantai Pulau Merah. Banyaknya petunjuk arah ini membuat Pantai Pulau Merah selalu ramai oleh pengunjung terutama di hari libur.

Namun ternyata, tak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat pantai yang juga tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Mustika. Pantai Mustika terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Untuk mencapai ke pantai cantik ini, dari Pantai Pulau Merah bisa dengan berjalan kaki sekitar 3-4 km mengikuti ke arah barat, atau sebelum memasuki pintu masuk Pantai Pulau Merah terdapat jalan desa ke kanan. Ikuti saja jalan tersebut, nantinya akan sampai di Pantai Mustika.

Berbeda dengan Pantai Pulau Merah yang sangat ramai oleh pengunjung, Pantai Mustika masih relatif sepi sehingga bisa dibilang masih perawan. Untuk tiket masuknya saja masih dihitung per rombongan. Jika datang dengan 1 minibus berisikan 15 orang hanya dikenai uang masuk Rp 20.000 saja.

Setiap nama yang disematkan untuk suatu tempat pastinya memiliki cerita tertentu. Begitu juga dengan nama Mustika. Berdasarkan cerita dari warga lokal yang saya temui, ia mengatakan bahwa Pantai Mustika berkaitan erat dengan kisah Ratu Kidul.

Konon, Ratu Kidul pernah datang ke pantai ini. Sewaktu pulang, mustikanya tertinggal dan ada seseorang yang menemukannya. Karena orang tersebut tahu bahwa mustika itu milik Ratu Kidul, ia membuangnya ke laut dengan harapan dapat kembali kepada pemilikinya.

“Jadi itulah mengapa pantai ini disebut Pantai Mustika, mas” ujar seorang warga lokal yang sehari-harinya berjualan di warung sekitar Pantai Mustika.

Pantai Mustika memiliki kontur yang sangat landai. Karakteristik gelombang pecah (ombak) di sini pun terbilang cukup aman bagi pengunjung untuk bermain di tepi pantai.

Pasirnya putih dan bersih karena belum banyak pengunjung. Selain itu pantai ini membentuk seperti setengah lingkaran. Sungguh pantai yang sangat menawan.

Kawasan sekitar pantai ini cukup rindang karena ditumbuhi oleh ratusan pohon kelapa. Sudah ada meja dan kursi yang tertata rapi disini yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Mustika.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.